11 kabupaten di Sultra potensi hujan lebat disertai kilat

 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebut 11 kabupaten di provinsi ini berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie dikutip dari keterangan tertulis BMKG Sultra di Kendari, Senin, mengatakan 11 daerah berpotensi hujan lebat, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Muna, Muna Barat, Bombana, dan Buton Utara.

“Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di 11 daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” katanya.

Ia menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Watubangga, Latambaga, Tanggetada, Samaturu, Polinggona dan dapat meluas ke Kolaka, Pomalaa, Wolo, serta Iwoimendaa.

Di Kabupaten Kolaka Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Lasusua, Rante Angin, Wawo, Lambai dan dapat meluas ke Pakue, Batu Putih, Kodeoha, Ngapa, Pakue Tengah, Pakue Utara, Porehu, Katoi, dan Tiwu.

Di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Lambandia, Tinondo, Aere, Ueesi dan dapat meluas ke Kecamatan Poli-Polia, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, dan Dangia.

Di Kabupaten Konawe potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Routa, Meluhu dan dapat meluas ke Lambuya, Latoma, Uepai, Asinua, Onembute.

Di Konawe Kepulauan Potensi potensi hujan dapat terjadi di KecamatanWawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Tengah dan dapat meluas ke Wawonii Timur serta Wawonii Selatan.

Di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Tinanggea, Landono, Konda, Ranomeeto, Lalembuu, Wolasi, Baito, Basala, Andoolo Barat dan dapat meluas ke Angata, Andoolo, Palangga, Lainea, Kolono, Moramo, Laonti, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Buke, Laeya, dan Kolono Timur.

Di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Asera, Wiwirano, Lasolo, Lembo, Oheo, Landawe dan dapat meluas ke Langgikima, Molawe, Sawa, Andowia, Wawolesea, dan Lasolo Kepulauan.

Di Kabupaten Muna potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Napabalano, Maligano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Kontunaga, Kabangka, Kabawo, Parigi, Bone, Kontu Kowuna, Marobo, Batukara dan dapat meluas ke Tongkuno, Pasir Putih, Tongkuno Selatan, Pasi Kolaga, dan Towea.

Di Kabupaten Muna Barat potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Sawerigadi, Barangka, Lawa, Wadaga, Tiworo Selatan, Tiworo Kepulauan, Kusambi, Napano Kusambi dan dapat meluas ke Maginti, Tiworo Tengah, serta Tiworo Utara.

Di Kabupaten Bombana potensi hujan sedang hingga lebat terutama di Kecamatan Rarowatu Utara, Lantari Jaya, dan Mata Usu.

Di sebagian wilayah Kabupaten Buton Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat, utamanya di Kecamatan Kulisusu, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Wakorumba Utara yang dapat meluas ke Kecamatan Kambowa.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi juga dapat terjadi di Kabupaten Kabupaten Buton, utamanya Kecamatan Kapontori, di Kabupaten Buton Tengah di Kecamatan Mawasangka, serta sebagian wilayah Kota Kendari, utamanya Kecamatan Baruga, Poasia, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

BMKG mengingatkan masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak hujan lebat yang dapat ditimbulkan banjir, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Sumber : Antara, 14 Maret 2022

Tinggalkan Balasan