Disperidag Kolaka Kembangkan Aplikasi Sindag untuk Pendataan Pasar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kolaka kini mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Perindustrian dan Perdagangan atau disingkat SINDAG untuk memperbaiki data kelola informasi harga dan portofolio perdagangan di beberapa pasar di Kabupaten setempat.

Kadis Perindag Kabupaten Kolaka Achiruddin mengatakan, aplikasi Sindag tersebut akan dilaunching pada bulan November 2021. Dia mengatakan pengumpulan data harga-harga bahan pokok, lokasi penjual serta jumlah pedagang dipasar bekerjasama dengan mahasiswa dan beberapa peneliti.

“Nanti akan ada staf sendiri yang menjadi adminnya jadi bisa diketahui jumlah pedagang setiap pasar, kemudian jumlah UKM lengkap dengan titik kordinatnya, jenis usahanya, tenaga kerjanya, produknya, ada semua. Yang sementara kami kerjakan itu sekitar seribuan lebih data, jadi cukup memakan waktu yang cukup lama,” Kata Achiruddin (23/7/2021).

Untuk lebih mempermudah akses masyarakat ke situs Sindag, perindag juga bekerjasama dengan Media Mainstream untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Kerja sama yang dilakukan perindag bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengakses situs Sindag dengan mudah.

“Nanti juga ada kerja sama dengan media untuk pengembangan, agar masyarakat dapat mengetahui aplikasi Sindag melalui situs web,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, informasi dan data yang akan ada di situ Sindag akan selalu update setiap minggu. Updatenya data dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui nilai harga jual di pasar Kolaka. 

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 26 Juli 2021

© Disperidag Kolaka Kembangkan Aplikasi Sindag untuk Pendataan Pasar
Sumber: https://zonasultra.com/disperidag-kolaka-kembangkan-aplikasi-sindag-untuk-pendataan-pasar.html

 

Tinggalkan Balasan