Pemda Kolaka Tetapkan Zakat Fitrah Rp. 28.000 Perjiwa

Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kolaka telah menyetujui pembayaran zakat fitrah tahun ini sebesar Rp 28.000 perorang, atau setara 3,5 liter beras.

Penetapan zakat ini berdasarkan surat keputusan bupati Kolaka nomor 188. 45/186/2019 tentang besarnya nilai dan pembagian zakat fitrah, fidyah serta infak ramadahan tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Kabag Kesra Pemkab Kolaka Hj Andi Wahida mengatakan, penetapan besaran zakat fitrah tersebut di tentukan dari besarnya harga sembilan bahan pokok (sembako) berupa harga beras di pasaran.

” Penetapan zakat ini telah di setujui bersama Pemkab Kolaka dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kolaka pada tanggal 14 Mei, saat rapat pembahasan penetapan zakat fitra tahun ini, ” ungkapnya saat ditemui media ini, Kamis (16/5).

Selain zakat fitrah berdasarkan harga beras, rapat tersebut juga menetapkan besaran zakat fitrah untuk bahan konsumsi berupa jagung dan sagu.

Hasilnya, bagi masyarakat yang mengkonsumsi sagu dan jagung di kenakan besaran zakat fitrah sebesar Rp. 28.000 untuk jagung atau setara 3,5 liter dan Rp. 17.500 untuk sagu atau setara 3,5 liter.

” Bagi masyarakat yang mengkonsumsi jagung besaran zakat fitrahnya sebesar Rp. 28.000 perjiwa dan bagi masyarakat yang mengkonsumsi sagu sebesar Rp. 17.500 perjiwa, ” jelasnya.

Sedangkan untuk besaran kadar fidyah tahun ini, kata Hj Andi Wahida adalah satu mud atau 10. 675 gram makanan pokok, dinilai dengan uang atau biaya stndar makanan yang mengenyangkan sebenar Rp 36.000 perhari kali jumlah hari yang tidak dipuasakan, karena adanya unsur syari, sementara penerima fidyah diperuntukkan bagi orang miskin atau fakir yang berpuasa dan rajin beribadah sholat.

” Didalam surat keputusan bupati tentang besarnya nilai dan pembagian zakat fitrah, fidyah serta infak ramadahan tahun ini semuanya sudah dijelaskan, bahkan telah diatur mengenai pembagiannya, kami tinggal edarkan saja disetiap desa dan kelurahan surat keputusan ini, ” tutupnya. (K9/c/hen).

Sumber : KOLAKAPOS, Kolaka          Tgl. 17 Mei 2019

Tinggalkan Balasan