Langkah dan Upaya

          Berbagai program dan kegiatan dilakukan dalam meningkatkan kualitas SDM KIM di Kabupaten Kolaka serta menumbuh kembangkan KIM di Kabupaten Kolaka, mulai dari bimbingak teknis dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten dari berbagai bidang dan profesi.

a. Bimbingan Teknis (Bimtek)

  • Melakukan pembinaan KIM melalui kegiatan Bimbingan Teknis dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten dari berbagai bidang dan profesi. 
  • Seperti bintek berkaitan dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna Dalam Produksi Pertanian, 
  • Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Peran Masyarakat dalam Pembangunan, Penguatan Kelembagaan KIM Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Bidang Komunikasi dan Informasi, Penguatan Kelembagaan KIM Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Bidang Komunikasi dan Informasi dan lainnya. 
  • Kegiatan ini dilakukan dengan jemput bola ke wilayah Kecamatan lokasi KIM, maupun kegiatan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kolaka.

b. Monitoring dan Evaluasi (Monev) 

  • untuk mengetahui sejauhmana aktivitas maupun program kegiatan KIM Se-Kabupaten Kolaka berjalan dan berhasil sehingga implementasinya bisa dirasakan masyarakat Kabupaten Kolaka. 
  • Monev yang dilakukan dengan menilai kesesuain proses dengan program apa yang direncanakan, kesesuaian dalam mencapai tujuan, kesesuaian dalam pemanfaatan Sumber Daya yang efektif dan efisien, kemampuan dalam menciptakan mekanisme kendali yang melekat dalam Organisasi. 
  • Melalui Monev ini tentunya mampu meningkatkan peran, dan kinerja KIM Kabupaten Kolaka dalam menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarakat serta mampu mendorong terwujudnya pembangunan Kabupaten Kolaka yang lebih baik dan menjadi Kabupaten Kolaka termaju di Indonesia.

c. Melakukan Penilaian KIM terjun langsung ke lapangan 

  • Berdasarkan penilaian yang dilakukan dewan juri, dimana dewan juri tidak dari Pegawai Diskominfo Kabupaten Kolaka saja, juga melibatkan sejumlah pegawai dari Organisasi Perangakat Daerah (OPD) Pemkab Kolaka. 
  • Sehingga penilaiannya objektif, dan penerima penghargaan benar-benar KIM yang memiliki prestasi dan kualitas terbaik. Agar peran KIM dapat dinikmati oleh masyarakat maka KIM juga harus mampu membuat inovasi dan bersinergi dengan lembaga lain (sumber informasi dan media informasi ).