Aktifitas Pokok KIM

  1.  Akses informasi, yaitu melakukan aktiļ€tas untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung.
  2. Diskusi, yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilakukan diskusi, tukar menukar informasi dan pecahkan masalah.
  3.  Implementasi, yaitu tahapan yang sebelumya diputuskan akan menerapkan dan mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang diperoleh.
  4. Networking, yaitu jaringan kellembagaan yang merupakan hubungan dengan kelompok/lembaga/instansi teratur dalam rangka tukar menukar informasi dan pengalaman dalam mendayagunakan informasi
  5.  Diseminasi informasi, yaitu menyebarluaskan informasi dilakukan bila informasi itu sudah diolah kemudian disebarluaskan informasi ke lingkungan sekitar.
  6.  Aspirasi, yaitu serap dan salurkan aspirasi masyarakat

Aktifitas Pokok KIM : ADINDA

           Aktifitas KIM adalah ADINDA meliputi : Akses informasi yaitu melakukan aktifitas untuk mengakses informasi  dari berbagai sumber , baik sumber langsung maupun tidak langsung ; Diskusi yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilakukan diskusi , tukar menukar informasi, pecahkan masalah ; Implementasi yaitu tahapan yang sebelumnya diputuskan akan menerapkan dan mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang diperoleh ; NETWORKING yaitu jaringan kelembagaan yang merupakan hubungan dengan kelompok/instansi teratur dalam rangka saling tukar menukar informasi dan pengalaman dalam pendayagunaan informasi; DISEMINASI iNFORMASI yaitu penyebarluasan informasi dilakukan bila informasi itu sudah diolah kemudian disebarluaskan informasi ke lingkungan sekitar dan ASPIRASI; serap dan salurkan aspirasi masyarakat.

KEDUDUKAN DAN SIFAT

  • Setiap kelompok sosial dapat membentuk KIM mulai dari tingkat RT/RW, Desa, sampai organisasi-organisasi yang ada dalam masyarakat.
  • Bersifat mandiri(bebas, tidak terkait dengan kepentingan politik apapun) dan swadaya.
  • Dana oprasional dan kesejateraan anggota KIM dipeoleh dari kegiatan usaha yang dibangunnya.
  • KIM memerlukan pengakuan/penguhan dari masyarakat dan lembaga pemerintah,dari tingkat kelurahan/desa/kecamatan/kabupaten/propinsi.
  • KIM dapat membentuk pusat/warung infomasi sebagai tempat dimana masyarakat dapat mengetahui dan memperoleh informasi yang diperlukan.
  • Pusat informasi harus memiliki basis data (tulisan tangan ataupun disusun dengan teknologi informasi).
  • KIM dapat mengembangkan diri sebagai komunitas pengguna atau pengelola layanan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) antara lain menggunakan jaringan internet.
  • Untuk memberikan landasan dan arah gerak KIM perlu memiliki AD/ART.