Sebagian wilayah Sultra berpotensi diguyur hujan sedang-lebat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menyebut sebagian daerah di provinsi ini berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Senin.

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie melalui keterangan tertulis BMKG Sultra di Kendari, Senin, mengatakan hari ini terdapat enam daerah berpotensi diguyur hujan lebat yakni Kabupaten Kolaka, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Bombana dan Muna Barat.

“Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di enam daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” katanya.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Pomalaa, Watubangga, Tanggetada, Toari, Polinggona, yang dapat meluas ke Wundulako, Kolaka dan Baula.

Di Kabupaten Konawe potensi hujan terjadi di Kecamatan Bondoala dan Meluhu yang dapat meluas ke Pondidaha, Sampara, Soropia, Besulutu, Amonggedo, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi dan Anggalomoare.

Selanjutnya, di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Konda, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Baito yang dapat meluas ke Landono, Ranomeeto, Mowila, Ranomeeto Barat dan Sabulakoa.

Di Kabupaten Bombana potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Poleang, Poleang Barat yang dapat meluas ke Poleang Timur, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tengah, Tontonunu dan Mata Usu.

“Kemudian untuk di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Lembo dan Motui yang dapat meluas ke Kecamatan Wiwirano,” jelasnya.

Di Kabupaten Muna Barat potensi hujan dapat terjadi di Kecamatn Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Utara yang dapat meluas ke Sawerigadi, Wadaga, Tiworo Selatan, Tiworo Kepulauan dan Kusambi.

Selain di enam kabupaten tersebut, BMKG menyebut potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di Kabupaten Muna yaitu di Kecamatan Kabangka, Kabawo, Parigi, Bone, Kontu Kowuna dan Marobo.

“Kemudian di Kabupaten Kolaka Utara berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat di Kecamatan Pakue, Kodeoha, Ngapa, Watunohu, Pakue Tengah dan Tiwu,” ujar Fezal.

Selanjutnya di Kabupaten Kolaka Timur khususnya di Kecamatan Poli Polia dan Aere. Lalu di Kabupaten Buton Tengah tepatnya di Kecamatan Lakudo, Gu, dan Sangia Wambulu.

Kemudian beberapa wilayah Kota Kendari seperti Kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo juga berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada hari ini.

“Termasuk di Kota Baubau tepatnya di Kecamatan etoambari, Wolio, Sorawolio, Bungi, Kokalukuna, Murhum, Lea-lea, dan Batupoaro. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17:30 Wita,” ujar Fezal.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Sumber : Antara, 14 Februari 2022

Tinggalkan Balasan