Gubernur Sultra sebut pemberitaan pers dibutuhkan untuk rumuskan kebijakan

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan bahwa pemberitaan pers sangat dibutuhkan pemerintah pusat dan daerah untuk menentukan sebuah kebijakan, demi mendorong pembangunan, kemajuan bangsa dan negara.

“Pemberitaan dari pers terkait daya saing nasional dan daerah sangat dibutuhkan untuk merumuskan kebijakan pemerintah, baik pada sektor pemerintah pusat, daerah maupun sektor pelayanan swasta dan masyarakat,” kata Ali Mazi saat memberikan sambutan pada Puncak Hari Pers (HPN) 2022 yang dilaksanakan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu.

Menurut Ali Mazi, keberadaan pers selama ini sangat strategis sebagai salah satu pilar pembangunan dan pilar keempat demokrasi, sehingga sudah menjadi kebutuhan negara, pemerintah dan masyarakat sebagai berita yang dihasilkan sangat diperlukan untuk menjadi sumber daya pertumbuhan ekonomi.

“Pers sangat berperan dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan kepada pemerintah di era serba digital saat ini,” ujarnya.

Bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, lanjut dia, pers merupakan mitra utama dalam melaksanakan kebijakan pembangunan daerah.

“Kami selalu bersama pers, kami selalu dekat dengan insan pers. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah memiliki keterbatasan dalam menyampaikan dan menerima informasi seputar perkembangan pembangunan daerah di segala bidang,” tutur gubernur.

Dalam kesempatan itu, Ali Mazi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada insan pers yang secara konsisten telah mewartakan program dan hasil kerja pemerintah setempat, memberikan dukungan juga memberikan kritikan dan masukan.

Selain itu, Gubernur Sultra juga menuturkan bahwa pers sebagai pilar demokrasi keempat, salah satunya adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi.

“Begitu pula dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk hidup sehat di era new normal hingga di era pemberlakuan kebijakan PPKM dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ia berharap, pembangunan pers nasional dapat memberi manfaat bagi seluruh elemen bangsa dalam meningkatkan peran sesuai dengan kapasitasnya, demi menghadirkan beragam pemberitaan yang cepat, akurat, bernilai edukatif, inspiratif dan anti hoaks.

“Serta dapat memberikan kemaslahatan, mendorong kemajuan masyarakat bangsa dan negara,” demikian Ali Mazi.

Puncak HPN 2022 dilaksanakan di pelataran Masjid Al-Alam Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo secara virtual, dan hadir secara langsung Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dan beberapa kepala daerah, seperti Gubernur Riau Syamsuar, Ketua PWI Atal S Depari, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, insan pers se-Indonesia dan tamu undangan lainnya.

 

Sumber : Antara, 9 Februari 2022

Tinggalkan Balasan