Beri Dukungan Sungai Tamborasi Menangi Destinasi Unik Terpopuler di API 2020

Sungai Tamborasi yang berada di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020 kategori Destinasi Unik Terpopuler.

Untuk meraih kemenangan pemerintah kabupaten Kolaka mengharapkan partisipasi masyarakat dalam ajang tersebut.

“Sungai Tamborasi memiliki peluang untuk menang bila masyarakat terus memberikan dukungan dengan mengirimkan vote,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kolaka, Zulkarnain ditemui di Gedung DPRD Kolaka, Senin (9/11/2020).

Bagi masyarakat yang hendak memberikan dukungan, dapat melakukannya melalui SMS dengan mengetik API (spasi) 16I dan mengirimnya ke 99386. Apalagi masih ada waktu sekiranya 53 hari untuk memberikan vote, agar bisa mengubah posisi yang ada saat ini.

Zulkarnain mengatakan perolehan vote sementara, sungai terpendek di dunia tersebut masuk dalam posisi tiga besar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bila perolehan tersebut akan berubah jika masyarakat terus memberikan dukungannya.

“Alhamdulillah perolehan vote saat ini tentunya tidak terlepas dari support bupati, wakil bupati, sekda, stakeholder, dan masyarakat yang sudah berkontribusi sangat besar,” tambahnya.

Ia mengakui bila persentase perolehan vote sementara posisi pertama dan kedua saat ini cukup tinggi dibandingkan dengan perolehan vote Sungai Tamborasi. Sekalipun, butuh kerja keras untuk menyamai perolehan vote keduanya, ia tetap optimis bisa memenangi kategori tersebut.

Untuk itu, ia berharap seluruh elemen masyarakat Bumi Mekongga dan Sultra terus memberikan vote bagi Sungai Tamborasi. Seharusnya, hal tersebut bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat karena destinasi wisata yang ada di daerahnya masuk dalam nominasi API Awards 2020.

Pemerintah Kabupaten Kolaka juga terus berupaya mensosialisasikannya kepada masyarakat, dengan melibatkan seluruh stakeholder dan media massa yang ada di Bumi Mekongga untuk menyampaikan ke masyarakat, aparatur sipil negara, lembaga adat, dan lainnya.

Zulkarnain mengatakan Sungai Tamborasi dikenal masyarakat karena keunikannya sebagai sungai terpendek di dunia. Sungai Tamborasi memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Aliran airnya pendek, dan langsung bermuara ke laut.

Sungai Tamborasi, kata dia, dibingkai oleh tebing bercorak marmer, hutan hijau lebat dan pantai berpasir putih, sehingga menambah keunikannya. Menariknya adalah suhu sungai yang berbeda. Pada bagian hulu, suhunya cenderung lebih dingin, sementara di hilir suhunya hangat. (a)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 9 November 2020

© Beri Dukungan Sungai Tamborasi Menangi Destinasi Unik Terpopuler di API 2020 | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/beri-dukungan-sungai-tamborasi-menangi-destinasi-unik-terpopuler-di-api-2020.html

 

Tinggalkan Balasan