Disperindag Sultra Salurkan 500 Paket Sembako di Kolaka

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menyalurkan bantuan 500 paket sembako kepada pedagang pasar dan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Kolaka.

Paket sembako yang disalurkan terdiri dari beras, minyak, gula, mie instan, terigu, sarden, susu kental, dan hand sanitizer. Bantuan ini menyasar pada pedagang di tiga pasar yakni Pasar Raya Mekongga, Pasar Lamekongga, dan Pasar Dawi-Dawi serta seratus pelaku IKM.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kolaka, Mustajab mengatakan bantuan ini tentu dapat membantu meringankan beban pedagang dan pelaku IKM yang mengalami penurunan pendapatan selama mewabahnya Covid-19.

Dapat dikatakan semua masyarakat terkena dampak pandemi Covid-19 tanpa terkecuali. Pemerintah memprioritaskan penyaluran bantuan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan dan belum sempat terakomodir pada penyaluran bantuan tahap pertama oleh Disperindag Provinsi Sultra.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Disperindag Provinsi Sultra. Bantuan ini merupakan yang kedua kalinya,” ujar Mustajab saat ditemui di Kantor Disperindag Kolaka, Kamis (8/10/2020).

Berdasarkan hasil evaluasi data, disebutkan bahwa memang masih ada pedagang pasar dan pelaku IKM di Kabupaten Kolaka yang belum menerima bantuan baik dari dinas sosial maupun bantuan terdampak ekonomi dari APBD dan APBN.

Mustajab menuturkan, pemerintah daerah sebisa mungkin berupaya agar data penerima bantuan tidak tumpang tindih atau berulang. Sehingga, semua kelompok masyarakat dapat merasakan manfaat yang sama dari bantuan sosial tersebut.

Sementara itu, Koordinator Penyaluran Bantuan Disperindag Sultra, Sutomo mengatakan bantuan paket sembako tahap kedua ini disalurkan di enam kabupaten dan kota di Sultra, yakni Kolaka, Bombana, Konawe, Baubau, Buton, dan Muna.

Masih adanya pedagang pasar dan pelaku IKM yang belum mendapatkan bantuan sesuai dengan hasil verifikasi data lanjutan. Oleh sebab itu pihaknya kembali menyalurkan bantuan paket sembako tersebut di Kabupaten Kolaka.

“Kami menyalurkan dalam jumlah yang sama pada masing-masing kabupaten dan kota yaitu 500 paket sembako,” ungkapnya. (b)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 8 Oktober 2020

© Disperindag Sultra Salurkan 500 Paket Sembako di Kolaka | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/disperindag-sultra-salurkan-500-paket-sembako-di-kolaka.html

 

Tinggalkan Balasan