Dikbud Kolaka Apresiasi Kehadiran PNUP di Kolaka

Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kolaka mengapresiasi atas hadirnya perguruan tinggi politeknik di Bumi Mekongga, sebab melihat potensi yang ada di wilayah kabupaten Kolaka yang sebagian besar bergerak dibidang industri, maka diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Olehnya itu, kehadiran Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) cukup potensi guna mendukung peningkatan SDM di kabupaten Kolaka.

Kepala Dikbud Kolaka Salamansyah mengatakan, salah satu program prioritas SMS Berjaya yaitu meningkatkan mutu pendidikan. Terkait kehadiran PNUP memang perlu, sebab wilayah kabupaten Kolaka didominasi dengan industri, salah satunya industri pertambangan.

“Kehadiran politeknik negeri di Kolaka sebagai bentuk perhatian Pemda Kolaka, guna menyiapkan regenerasi yang handal dan profesional serta berdaya saing,” katanya saat ditemui media ini, Senin (7/9).

Menurutnya, pemerintah daerah membuat wadah bagi generasi penerus yang bisa menampung baik itu di universitas maupun di politeknik, sehingga unsur keadilannya itu bisa dihadirkan.

“Sehingga bisa menghubungkan industri secara langsung, yang nantinya setelah selesai anak-anak kita sudah terkoneksi dengan industri. Jadi lebih awal kita menjembatani anak-anak kita, untuk terhubung dengan industri sehingga nanti keperluan industri bisa langsung konek, dengan apa yang dihasilkan oleh politeknik ini,” terangnya.

Apalagi, kata Salamansyah, berdasarkan data alumni SMK dan SMA setiap tahunnya cukup banyak sehingga dengan dukungan itulah politeknik bisa hadir di kabupaten Kolaka.

“Jadi data alumni kita yang telah kami paparkan pada saat itu dihadapan direktur kelembagaan Dirjen Dikti sehingga politeknik hadir di Kolaka. Karena kalau tidak ada dukungan dari alumni maka politeknik tidak bisa hadir, karena pada saat kita potret alumni kita yang ada di wilayah Kolaka maupun Koltim, Kolut dan Bombana itu cukup potensi berdirinya politeknik,” bebernya.

Namun, untuk tahap awal ini akan diprioritaskan terlebih dahulu bagi anak-anak yang di Kolaka, karena ada insentif yang akan turun dari Pemda Kolaka.

“Begitulah cara Pemda memelihara anak-anak dan masyarakatnya. Jadi untuk penerimaan mahasiswa tahun ini, kita prioritaskan anak-anak kita dulu,” tutupnya. (k9/b)

Sumber : KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka , 8 September 2020

Tinggalkan Balasan