Politeknik Negeri Ujung Pandang Buka Dua Prodi Terakreditasi A di Kolaka

Politeknik Negeri Ujung Pandang membuka dua program studi di luar kampus utama (PSDKU) di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kampus tersebut akan memulai proses perkuliahan pada tahun ajaran 2020/2021 ini.

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang, Muhammad Anshar, menuturkan, dengan pembukaan PSDKU di Kabupaten Kolaka diharapkan dapat mendukung program pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan pelayanan pendidikan dan pengembangan SDM berkualitas.

Sebutnya, pengembangan PSDKU di Bumi Mekongga dapat terlaksana atas dukungan sejumlah industri pertambangan, seperti PT Antam dan PT Vale Indonesia. Untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di jazirah barat Sulawesi Tenggara, saat ini proses pendaftaran mahasiswa baru tengah berlangsung.

Wakil Direktur Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Ujung Pandang, Fajar menambahkan, untuk PSDKU di Kabupaten Kolaka pihaknya akan membuka dua program studi (prodi) yaitu DIV/Sarjana Terapan Akuntansi Manajerial dan DIII Teknik Konversi Energi. Kedua program studi tersebut, kata dia, sudah terakreditasi A.

Ia menjelaskan kedua program tersebut dibuka karena di Sultra belum ada politeknik selain kesehatan. Selain itu, juga untuk merespon program pemerintah pusat yang berencana membuka 256 politeknik di Tanah Air.

Fajar optimis akan mencetak alumni yang berkualitas dan siap kerja nantinya. Sebab, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan swasta dan BUMN sebagai wadah bagi mahasiswa untuk melakukan program magang.

“Selain menerima ijazah, alumni juga pastinya dibekali dengan sertifikat kompetensi dari tempat magangnya,” jelasnya di Kolaka, Minggu (6/9/2020).

Sementara Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja hingga Politeknik Negeri Ujung Pandang dapat membuka PSDKU di wilayah otoritasnya ini. Menurutnya, hal ini akan menjadi cikal bakal berdirinya pendidikan Politeknik Negeri Kolaka.

“Akhirnya pendidikan tinggi vokasi bisa hadir di Kabupaten Kolaka, setelah melalui perjalanan panjang,” kata bupati dua periode ini.

Safei menuturkan program yang diupayakan Pemerintah Kabupaten Kolaka ini guna menyiapkan generasi muda yang berkompeten dan berdaya saing secara global. Untuk itu, dirinya mengajak generasi muda yang ada di Kolaka untuk melanjutkan studinya pada PSDKU Politeknik Negeri Ujung Pandang. (b)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 6 September 2020

© Politeknik Negeri Ujung Pandang Buka Dua Prodi Terakreditasi A di Kolaka | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/politeknik-negeri-ujung-pandang-buka-dua-prodi-terakreditasi-a-di-kolaka.html

 

Tinggalkan Balasan