PNS Tenaga Administrasi akan Difungsikan di Desa-desa

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berprofesi sebagai tenaga administrasi dapat dimanfaatkan untuk mengisi kekosongan tenaga di desa-desa.

Ia mengungkapkan bahwa secara keseluruhan terdapat 4,2 juta PNS, 70% di antaranya ada di daerah, dan 1,6 juta di antaranya adalah tenaga administrasi yang tersebar di pusat maupun di daerah.

Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga admnistrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan,” kata Tjahjo Kumolo kepada awak media pada Senin (3/8/2020).

Menurut Tjahjo, sebanyak 1,6 juta tenaga administrasi tersebut akan ditingkatkan kapasitasnya dengan tambahan pendidikan secara bertahap. Bagi yang tidak bisa akan mengisi posisi staf administrasi di semua tingkatan baik kementrian lembaga dan daerah.

Setidaknya diperlukan 700 ribu guru yang saat ini sedang disiapkan Kemendikbud melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Tak menampik kemungkinan tenaga administrasi dialihkan menjadi tenaga pendidik, Tjahjo menyatakan sepanjang belum terisi dari Kemendikbud, diserahkan kepada pemda setempat atau dinas pendidikan setempat.

“Mendiknas sudah mempunyai peraturannya,” tegas Tjahjo.

Pemerintah pun melakukan upaya meningkatkan kapasitas tenaga-tenaga administrasi yang potensial agar mereka memiliki kemampuan spesifik yang dapat mengisi tenaga-tenaga teknis yang masih sangat diperlukan, seperti tenaga teknis di bidang pertanian, penyuluh/penggerak di pedesaan, penyuluh KB, dan lainnya. (b)

Sumber : ZONASULTRA.COM, JAKARTA, 3 Agustus 2020

© PNS Tenaga Administrasi akan Difungsikan di Desa-desa | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/pns-tenaga-administrasi-akan-difungsikan-di-desa-desa.html

 

Tinggalkan Balasan