Dispar Kolaka Imbau Warga Tak Rekreasi di Pulau

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kolaka, Zulkarnain mengimbau masyarakat dengan julukan Bumi Mekongga untuk tidak melakukan kegiatan rekreasi di pulau-pulau di wilayah tersebut.

Zulkarnain mengatakan imbauan tersebut telah disampaikan kepada para Camat, Kepala Desa, dan Lurah untuk melarang warganya berekreasi ke pulau-pulau seperti Pulau Lambasina Kecil, Padamarang, Lambasina Besar, Pulau Lemo dan pulau lainnya di wilayah otoritas Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin tersebut.

Kata dia, larangan ini bukan tanpa alasan, mengingat kondisi cuaca saat ini yang sedang buruk. Apalagi sampai saat ini sesuai imbauan pemerintah Kolaka semua destinasi wisata di Wonua Sorume itu, tengah ditutup karena adanya pandemi Covid-19.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Kolaka untuk mengimbau pemilik kapal agar tidak mengangkut orang ke pulau-pulau,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Sabtu (13/6/2020).

Ia menyebutkan, belum ada sanksi yang harus diberikan, akan tetapi baru sebatas imbauan kepada pemilik kapal atau perahu untuk tidak mengangkut orang ke pulau-pulau. Karena menurut Zulkarnain, saat ini intensitas orang ke pulau untuk wisata masih sangat rendah.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim gabungan terdiri dari Syahbandar Kolaka, SAR Pos Kolaka, Pos AL Kolaka, Pol Air Kolaka, KP3 Kolaka dan instansi terkait lainnya harus menyelamatkan warga yang mengalami kapal mati mesin dan patah as serta kebocoran mesin di karang, masing-masing di Perairan Pulau Lambasina dan Pulau Maniang, karena melakukan rekreasi di pulau sekitarnya.

Tak hanya itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan kategori tinggi di 10 kabupaten/kota.

Forecaster On Duty Stasiun Klimatologi Konawe Selatan (Konsel) Nur Wiryanti Sih Antomo mengatakan, secara umum wilayah Sultra pada pertengahan Juni hingga pertengahan Juli 2020 diperkirakan akan mengalami curah hujan kategori menengah 51-150 mm/dasarian.

Dijelaskan, pada awal Juni 2020 tercatat sejumlah wilayah mengalami curah hujan kategori menengah 51-150 mm/dasarian dan ada pula wilayah mengalami curah hujan kategori tinggi 151-300 mm/dasarian yakni di sebagian wilayah Konawe, Konut dan Buton.

Sedangkan sebagian wilayah Kolaka, Koltim, Bombana, Buton Tengah (Buteng), Mubar dan Muna mengalami curah hujan kategori rendah 0-50 mm/dasarian.

Untuk itu, BMKG mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan lebat, petir, dan angin kencang yang mungkin terjadi di musim penghujan ini. Sebelum bepergian masyarakat agar memastikan update informasi cuaca/iklim pada akun-akun resmi BMKG. (a)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 13 Juni 2020

© Dispar Kolaka Imbau Warga Tak Rekreasi di Pulau | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/dispar-kolaka-imbau-warga-tak-rekreasi-di-pulau.html

 

Tinggalkan Balasan