New Normal di Sekolah, Pemkab Kolaka Tunggu Instruksi Pusat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka belum bisa memastikan kapan new normal atau tatanan hidup baru di bidang pendidikan akan dilaksanakan. Apalagi, tahun ajaran baru 2020/2021 dijadwalkan berlangsung pada Juli 2020 mendatang.

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mengatakan untuk melaksanakan pembukaan kembali aktivitas belajar mengajar di sekolah, pemerintah daerah setempat masih menunggu arahan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Jayadin menambahkan, saat Kemendikbud RI menginstruksikan untuk melaksanakan tatanan hidup baru di sekolah, maka pemerintah daerah akan berupaya melakukan instruksi tersebut. Menyoal anggaran, kata Jayadin, cukup tersedia untuk melaksanakan new normal di bidang pendidikan.

Menurutnya, mau tidak mau sekolah-sekolah di Kabupaten Kolaka harus siap saat pemerintah pusat memberikan arahan new normal di sekolah. Karena bila tidak dilaksanakan, maka pelajar di wilayah otoritasnya bersama Ahmad Safei bisa ketinggalan.

“Teman-teman di pendidikan harus menyiapkan itu. Dan tidak bisa tidak, kalau pusat dan daerah lain sudah melakukan new normal di sekolah, Kolaka juga harus mulai melakukannya,” ujarnya ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (10/6/2020).

Dalam pelaksanaannya nanti pihak sekolah harus menyiapkan protokol kesehatannya seperti instruksi penggunaan masker pelajar dan guru, sekolah menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir, dan menjaga jarak.

Nantinya, terlebih dahulu ada sosialisasi kepada masyarakat. Agar, mereka bisa meningkatkan kepatuhan dan kesadaran dalam melakukan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Masih kata dia, masyarakat harus mulai terbiasa dengan memulai new normal ini.

“New normal ini pasti kita harus hadapi. Makanya masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (B)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 10Juni 2020

© New Normal di Sekolah, Pemkab Kolaka Tunggu Instruksi Pusat | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/new-normal-di-sekolah-pemkab-kolaka-tunggu-instruksi-pusat.html

 

Tinggalkan Balasan