Gubernur Sultra berharap PKK mendorong semangat kaum perempuan

Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, berharap gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat menggelorakan semangat kaum perempuan (ibu), untuk terus bersatu mengupayakan peningkatan kualitas keluarga.

Hal itu disampaikan Ali Mazi, dalam sambutannya pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke-48 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara dilaksanakan di Kendari, Rabu.

“PKK sebagai suatu gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan guna peningkatan kualitas hidup keluarga, dan harus mampu membantu keluarga dalam mewujudkan kesejahteraannya,” kata Ali Mazi.

Ali Mazi juga menyampaikan bahwa gerakan PKK juga harus mampu menciptakan perubahan yang responsif dan adaptif terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis di panggung era globalisasi saat ini.

“Dalam hal ini, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan sangat diharapkan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif,” ujar Ali Mazi.

Gerakan PKK, lanjut Ali Mazi, kiranya mampu menghadirkan program kerja yang bernilai manfaat yang terintegrasi dengan program pemerintah dan pemerintah daerah dan mitra kerja lainnya.

“Sebagai gerakan sosial ke masyarakat yang keberadaannya dapat dikatakan sangat dekat dengan keluarga dan masyarakat maka sepatutnya PKK harus dapat menggugah dan menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mendukung program pemerintah utamanya yang terkait dengan peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” katanya.

“Antara lain pengentasan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan, sebagaimana program prioritas pembangunan daerah Sulawesi Tenggara yang sementara berjalan yaitu Sultra Beriman dan Berbudaya; Sultra Cerdas; Sultra Sehat; Sultra Produktif; dan Sultra Peduli Kemiskinan,” tambahnya.

Selain itu, Ali Mazi juga berharap, Tim Penggerak PKK dapat selalu sukses dalam melaksanakan visi dan misi organisasi serta kinerjanya dapat terus meningkat dalam mendukung dan menyukseskan program pembangunan sehingga dapat memberi sumbangsih bagi kemajuan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara berkelanjutan.

Sumber : Kendari (ANTARA) , 11 Maret 2020

Tinggalkan Balasan