Pemkab Kolaka Canangkan Bangun Kebun Raya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka mencanangkan pembangunan kebun raya di daerah setempat. Hal tersebut berangkat dari potensi sumber daya alam melimpah yang dimiliki Bumi Mekongga itu.
Bupati Kolaka, Ahmad Safei menjelaskan rencana pembangunan kebun raya ini dimaksudkan sebagai sarana penelitian dan edukasi terhadap flora dan fauna endemik di Wonua Sorume. Kebun raya nantinya juga dapat menjadi objek wisata bagi masyarakat.

Menurutnya, Kabupaten Kolaka memiliki potensi, hanya saja untuk membangun kebun raya tersebut, pihaknya perlu menjajaki kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai lembaga yang melakukan pengkajian studi kelayakan lahan.
“Kita sudah ketemu LIPI, dan mereka sudah setuju untuk melakukan studi kelayakan lahan,” jelasnya ditemui di salah satu hotel di Kolaka, Senin (9/3/2020).
Pembangunan kebun raya ini tidak bisa hanya mengharapkan dan mengandalkan kemampuan keuangan daerah. Untuk itu, pihaknya mencoba mendapatkan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Setelah keluar hasil kajian dari LIPI. Hasil kajian itu yang nantinya kita bawa ke Kementerian PUPR. Insyaallah, kita berharap 2021 atau 2022 sudah dimulai pembangunan infrastrukturnya,” paparnya.
Safei menuturkan rencananya, kebun raya tersebut akan ditempatkan di Desa Lamedai, Kecamatan Tanggetada, Kolaka. Sebab, di lokasi tersebut ada sungai, beberapa spesies bunga anggrek, endemik kayu kuku, dan lainnya. (B)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA, 9 Maret 2020

© Pemkab Kolaka Canangkan Bangun Kebun Raya | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/pemkab-kolaka-canangkan-bangun-kebun-raya.html

 

Tinggalkan Balasan