Antisipasi banjir Dinas PU Kolaka bersihkan saluran pembuangan

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka,Sultra melakukan pengerukan serta pembersihan beberapa titik saluran pembuangan guna mengantisipasi banjir di daerah itu menjelang musim hujan.

Sekretaris Dinas PU Kolaka,Achiruddin, Selasa, mengatakan sejak awal 2020 ada beberapa titik air tergenang sehingga menyebabkan banjir saat hujan tiba sehingga pihaknya bersama jajaran dinas terkait melakukan pengerukan dan pembersihan saluran pembuangan.

Menurutnya ada beberapa titik yang menjadi langganan genangan air saat hujan akibat saluran pembuangan yang tidak lancar sehingga butuh penanganan serius untuk menghindari banjir.

“Jalan Konggoasa memang sudah jadi langganan genangan air begitu juga di beberapa wilayah lainnya dalam kota Kolaka,” katanya.

Bahkan kata dia, Bupati Kolaka Ahmad Safei sudah melakukan pemantauan di beberapa titik yang menjadi langganan banjir dan genangan air pada pekan lalu.

“Kita sudah turun langsung bersama pak Bupati  untuk melakukan peninjauan lapangan dan beliau langsung memberikan solusi untuk pencegahan genangan air selanjutnya,” jelas Achiruddin.

Selain melakukan peninjauan di jalan Konggoasa lanjut Achiruddin,Bupati juga melakukan pemantauan aliran air di pasar Raya Mekongga serta  di sekitar mesin pembangkit milik PLN Kolaka.

Dari hasil pemantauan itu lanjut dia banyak aliran air saluran pembuangan yang tersumbat akibat banyaknya sampah sehingga harus dilakukan pengerukan menggunakan alat berat.

“Harapan kita, semua elemen bertanggung jawab dengan masalah ini Masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama menjaga aliran air supaya lancar, terbebas dari sampah,” jelas Achiruddin.

Sumber : Kolaka (ANTARA) , 7 Januari 2020

Tinggalkan Balasan