Safei Tekankan Kades Kelola Dana Desa dengan Benar

Bupati Kolaka H.Ahmad Safei kembali meminta komitmen para kepala desa dalam mengelola Dana Desa. Ia tidak ingin karena lalai dalam pengelolaan Dana Desa, membuat Kades masuk bui.

Hal tersebut disampaikan Safei saat menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bersama camat, kepala desa, ketua BPD, sekdes, dan ketua LPM se-kabupaten Kolaka, diaula Sasana Praja kantor Pemda Kolaka (28/11).

Safei mengatakan, Rakernis tersebut harus ditelaah sebaiknya agar para Kades tidak salah mengelola Dada Desa yang berujung masalah hukum. “Saya tidak akan membiarkan bapak-bapak masuk bui. Sepanjang bapak-bapak berupaya melaksanakan semua kegiatan dengan sebaik-baiknya,” kata bupati Kolaka H Ahmad Safei saat memberikan arahan pada Rakernis.

Pasalnya, tidak dapat dipungkiri, masih banyak Kades yang sengaja memanipulasi laporan pertanggung jawaban, sehingga menimbulkan kerugian negara. “Karena banyak penyebab kita melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan negara, utamanya terkait tandatangan. Kalau haknya orang, tolong dikasih, jangan coba-coba tanda tangan kalau bukan haknya kita karena itu tindakan melanggar hukum. jadi kalau haknya orang kasih ki. Kalau memang tidak bisa dilaporkan, kembalikan saja kepada negara demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Sebagai tokoh yang dituakan dalam suatu wilayah, ia berharap para KAdes sigap melakukan pelayanan kepada warganya. “Terkait kebutuhan prioritas masyarakat, tolong itu dibangun apalagi terkait air tolong diperhatikan dan diselesaikan agar masyarakat menikmati azas manfaat dana desa. Kalau tahun ini terkait proyek air bikinki, tahun depan air lagi itu tidak apa-apa diprogramkan terus sampai selesai agar persoalan air dapat diselesaikan agar masyarakat menikmati program dana desa. Jangan simpankan masalah, karena itu ada uangnya. Kalau itu masalah rumah, buatkan program rehab rumah setiap tahunnya agar tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh terkait kehidupannya,” tandas bupati Kolaka dua periode. (k9)

Sumber : KOLAKAPOS, Kolaka   Tgl. 29 November 2019

Tinggalkan Balasan