Malaha Dalam Agenda KIM Pameran Di Diklat Sultra

   Sebagai salah satu wadah yang mengorganisir informasi public, maka kehadiran KIM (kelompok informasi masyarakat) menjadi penting kehadirannya dalam menyuguhkan berbagai informasi pembangunan di tengah-tengah kehidupan social bermasyarakat.

Hal ini diungkapkan Ibu Masniati Ahmad S.Sos.M.Si, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kompinfo Pemkab Kolaka, pada gelar pameran yang dilaksanakan di Diklat PSDM Propinsi Sulawesi Tenggara, Ahad (24 Nop 2019).

   Masniati menjelaskan, untuk apa namanya mengoptimalisasi kelompok informasi masyarakat tersebut, kalau belum ada aturan yang dijadikan acuan untuk berkirim informasi, dan menjadi medium diseminasi informasi.

   “Masyarakat belum menguasai teknologi informasi, sehingga kita membutuhkan tenaga pendamping masyarakat untuk memberdayakan KIM,”ungkapnya.

   Menurutnya, dukungan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Kolaka untuk pengembangan kelompok informasi masyarakat adalah pertama-tama dengan mengeluarkan surat keputusan berupa Peraturan Bupati tentang bagaimana pembinaan dari kelompok informasi masyarakat tersebut ini.

   Sehingga Perbup tersebut yang berisi petunjuk teknis dapat menjadi rujukan atau acuan dari kelompok-kelompok masyarakat untuk mengembangkan lembaga sosial dalam artian kelompok informasi masyarakat tersebut

   Media-media informasi, salah satunya adalah stasiun televisi, dalam menghadapi era digital seperti ini masyarakat mampu memilih mana informasi yang dapat diterima, dan mana informasi yang dapat disebarluaskan.

   Seperti kebijakan Bupati, dimana salah satu contohnya adalah perhatian terhadap desa wisata. Maka KIM Kolaka tentu sangat dibutuhkan untuk menjadi penyambung informasi, penyebar informasi pembangunan.

“  ”Kepala desa, lurah, camat dan bupati sendiri kemudian dari pimpinan pimpinan OPD Kabupaten Kolaka secara sinergi beramai-ramai untuk mengembangkan desa wisata malahan sebagai desa ikon untuk pengembangan pembangunan kepariwisataan,” tuturnya.

 

Sumber :  KENDARI – SC.       Tanggal 28 November 2019

Tinggalkan Balasan