Datang di USN Kolaka, Kemenristekdikti Jelaskan Beasiswa Bidikmisi

Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Didin Wahidin memberikan kuliah umum di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka pada Selasa, (8/10/2019).

Dalam kuliah umum itu, Didin Wahidin menyampaikan materi terkait diseminasi informasi dan bimbingan penerima program Bidikmisi tahun akademik 2019/2020 kepada sejumlah mahasiswa penerima Bidikmisi USN Kolaka.

Menurutnya, mahasiswa perlu tahu bahwa dalam mendapatkan pendidikan tinggi yang layak sudah bisa diperoleh bagi semua kalangan masyarakat. Sebab, banyak beasiswa dari pemerintah yang bisa didapatkan salah satunya seperti Bidikmisi.

Sehingga, generasi muda diminta jangan berputus asa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi karena tidak mampu secara ekonomi, tetapi memiliki kemampuan akademik yang bagus. Sekalipun tidak mampu, mereka masih bisa kuliah untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan.

“Mereka harus diberikan penjelasan bila pemerintah ada program Bidikmisi yang bisa membantu mereka yang tidak mampu tapi berprestasi selama kuliah,” ujarnya.

Didin menjelaskan, program Bidikmisi ini memberikan bantuan biaya pendidikan yang mencakup biaya hidup bagi mahasiswa penerima bantuan mulai awal sampai akhir masa kuliahnya.

 

Mengenai ketepatan dalam menyasar penerima bantuan, pihaknya berupaya bekerja sama dengan Kementerian Sosial dalam menyinkronkan data. Hal itu agar penerima benar-benar orang yang layak mendapatkan bantuan dan terdaftar di Kementerian Sosial.

“Kami harap data di Kementerian Sosial bisa semakin bagus, sehingga tidak ada lagi anak-anak yang tidak mampu terlewat. Selain itu, kita tidak perlu lagi turun verifikasi di lapangan,” tambahnya.

Didin mengungkapkan setiap tahunnya pemerintah terus meningkatkan jumlah penerima program Bidikmisi, termasuk meningkatkan jumlah penerima program Bidikmisi untuk USN Kolaka. Untuk itu, USN Kolaka harus mampu menyediakan bangku bagi anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi.

Ia pun mengharapkan mahasiswa penerima Bidikmisi bisa menjadi generasi muda yang memiliki mental dan pendidikan yang baik untuk memajukan daerahnya dan membangun bangsa serta negera ini ke depannya.

Sementara itu, Rektor USN Kolaka, Azhari mengharapkan penerima program Bidikmisi mahasiswa kampus merah marun ini bisa terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga, tidak ada lagi mahasiswa yang mengeluhkan biaya pendidikan yang semakin tinggi.

“Semoga perhatian Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti bisa semakin meningkat untuk USN Kolaka,” pungkasnya. (B)

Sumber :  ZONASULTRA.COM, KOLAKA   Tanggal 9 0ktober 2019

 

Tinggalkan Balasan