Bupati Kolaka Inginkan Pemerintah Desa Kembali Budayakan Gotong Royong

Bupati Kolaka Ahmad Safei menginginkan pemerintah desa kembali membudayakan gotong royong dalam menjalankan pemerintahan di desa.

Hal ini diungkapkan Safei saat menghadiri acara pelantikan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di salah hotel di Kolaka, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, pemerintah desa saat ini telah kehilangan roh gotong royong, kebersamaan, serta tak lagi melibatkan masyarakat dalam menjalankan pemerintahan desa.

“Ini yang tidak dilakukan oleh pemerintah desa kita selama ini. Seharusnya kita beri pemahaman kepada seluruh masyarakat, bahwa rohnya pemerintah desa adalah gotong royong dan kebersamaan seluruh masyarakat desa. Sehingga harus terlibat semua unsur yang ada di desa tersebut,” jelasnya.

Bupati Kolaka dua periode ini mengharapkan agar pemerintah desa menghidupkan kembali budaya gotong royong. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengevaluasi, mengembangkan, dan membangun desa secara bersama-sama.

“Seperti tujuan dibentuknya organisasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan pemerintah desa dan masyarakatnya,” tambahnya.

Menurutnya, kehilangan kebiasaan bergotong royong, pada akhirnya dapat menyebabkan dana desa dan lainnya tidak digunakan sesuai tujuannya. Untuk itu, ia meminta kebiasaan ini kembali dibangkitkan demi kebaikan semua elemen masyarakat desa.

Selain itu, menghadapi era 4.0 diharapkan semua desa dapat meningkatkan sumber daya manusianya. Kata dia, setidaknya sekretaris desa (sekdes) memahami teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini.

“Kita harus belajar dan mengikuti perkembangan saat ini, mengikuti pelatihan teknologi dan informasi,” pungkasnya. (b)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA   Tgl. 10 September 2019

© Bupati Kolaka Inginkan Pemerintah Desa Kembali Budayakan Gotong Royong | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/bupati-kolaka-inginkan-pemerintah-desa-kembali-budayakan-gotong-royong.html

 

Tinggalkan Balasan