Jamaah Haji Kolaka Dalam Keadaan Sehat

Seluruh jamaah haji asal Kabupaten Kolaka berjumlah 486 orang yang saat ini berada di Tanah Suci Mekkah dilaporkan dalam kondisi sehat waalfiat.
Hal itu diungkapkan Kepala seksi Penyelengara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Kolaka, Alimudin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/8).
 
“Keadaan jamaah haji khususnya asal Kabupaten Kolaka sebanyak 486 Allhamdulilah informasi terakhir dari ketua kloter dan pembimbing haji kita di Kabupaten Kolaka bahkan juga dari pihak medis khusus di kloter 28 dan 30 saat ini masih sehat walafiat,” kata Alimudin, kemarin.
 
Ia menjelaskan, saat ini jamaah Kolaka sudah berada di Arafah kemudian dilanjutkan di Musdalifah dan Minah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji  yakni pelemparan jumroh.
“Setelah melaksanakan kegiatan haji di Musdalifah berarti semua jamaah haji kita telah melaksanakan semua rukun haji maka jamaah akan kembali lagi ke Madinah untuk melakukan ziarah di sekitar kuburan nabi Muhammad SAW, kemudian detik-detik terakhir setelah melaksanakan semua persyaratannya rukun haji Insya Allah akan kembali ke tanah air,” jelasnya.
 
Adapun jadwal pemulangan para jamaah haji, kata Alimudin, khusus kloter 28 akan tiba di Embarkasi Makassar pada tanggal 7 September nanti, kemudian kloter 30 akan tiba pada tanggal 8 September. “Jadi jamaah kita nanti yang sudah tiba di Embarkasi Makassar akan bermalam satu malam di Asrama kemudian pada pagi harinya akan diberangkatkan menuju bandar udara Sangia Nibandera Tanggetada, sedangkan untuk kloter 30 akan bermalam juga satu malam juga kemudian akan diterbangkan dari bandara Hasanundin menuju bandara Sangia Nibandera pada tanggal 9 September. Masing-masing kedua kloter ini akan diberangkatkan sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak panitia. Semua persiapan penjemputan jamaah haji kita baik 20 dan kloter 30 kami dari panitia sudah menyimpan dengan semaksimal mungkin tinggal kita menunggu dari kedatangan jaamah haji kita,” terangnya.
 
Alimudin berharap, nantinya seluruh jamaah bisa kembali ke tanah air dengan selamat. “Harapan kami selaku penanggungjawab bahwa tentu kita mengharapkan jamaah haji kita sebanyak 486 Insya Allah diberikan hidayah, kesehatan sehingga dia mampu melaksanakan semua rukun haji sehingga menjadi haji Mabrur dan semua jamaah bisa tiba dengan selamat,” tandasnya (k/b)
 
Sumber : KOLAKAPOS, Kolaka    Tgl. 15 Agustus 2019

Tinggalkan Balasan