PHBI Diminta Mendata Jumlah Hewan Kurban di Kolaka

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kolaka, Muhammad Bakri meminta kepada Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) di wilayah Kabupaten Kolaka untuk mendata dan melaporkan jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah.

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka rapat persiapan pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka, (5/8/2019). Bakri yang juga merupakan Ketua Umum PHBI Kolaka, meminta agar sebisanya panitia dapat memastikan kelayakan hewan kurban sesuai syaratnya.

Selain itu, Bakri menekankan kepada panitia bahwa pendistribusian daging hewan kurban harus disebar dan dibagi ke seluruh warga yang benar-benar membutuhkan dan tidak mampu yang berhak menerimanya.

“Jadi distribusi daging hewan kurban ini mungkin bisa melibatkan pemerintah setempat dan PHBI,” ujarnya.

Kata dia, menjadi tugas panitia untuk menyebarkan daging hewan yang dikurbankan oleh mereka yang mampu kepada warga miskin, bukannya hewan kurban itu terkumpul pada satu lokasi masjid tertentu saja. Menurutnya, masih ada lokasi di daerah Kolaka yang sama sekali tidak tersentuh dengan adanya hewan kurban.

“Inilah yang menjadi tugas kita semua untuk memberikan pemahaman bahwa berkurban jangan pada satu lokasi saja,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kolaka, Abdul Azis Baking menambahkan panitia PHBI mulai sekarang mencari lokasi-lokasi warga yang benar-benar membutuhkan. Sehingga, hewan-hewan yang dikurbankan oleh masyarakat yang mampu dapat dinikmati oleh mereka yang berhak.

Kata dia, kinerja inilah yang perlu dievaluasi guna memaksimalkan persiapan pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah. Hal itu agar amalan-amalan umat Islam di wilayah itu, dapat dirasakan semua orang yang berhak mendapatkan. (B)

 Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA      Tgl. 5 Agustus 2019

© PHBI Diminta Mendata Jumlah Hewan Kurban di Kolaka | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/phbi-diminta-mendata-jumlah-hewan-kurban-di-kolaka.html

 

Tinggalkan Balasan