Lepas JCH Kolaka, Safei Ingatkan Jemaah Agar Fokus Beribadah

Bupati Kolaka Ahmad Safei resmi melepas pemberangkatan sebanyak 485 Jemaah Calon Haji (JCH) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka, Selasa (23/7/2019).

Pada upacara pelepasan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kolaka 1440 Hijriah tersebut, Safei mengingatkan kepada para JCH agar fokus melaksanakan ibadah selama berada di Mekkah dan Madinah, Arab Saudi. Ia mengingatkan hal ini, karena biasanya masih ada jemaah yang berwisata saat berada di tanah suci.

“Ingat tujuan kita berangkat haji adalah untuk beribadah, bukan berwisata,” Safei mengingatkan.

Banyaknya rintangan yang bakal dihadapi nantinya, jemaah sebisanya meluruskan niat, termasuk banyak bersabar dan ikhlas. Sebab, bukan hanya JCH dari Kolaka, tetapi masyarakat dari seluruh penjuru dunia dengan perbedaan kebudayaan dan kebiasaan ada di sana.

Kata Bupati dua periode itu, JCH juga harus menjaga kesehatannya dengan banyak mengonsumsi air putih dan makan buah-buahan, mengingat kondisi cuaca di tanah suci sangat panas sekali. Perjalanan dalam mencapai status haji tidak mudah, sehingga dibutuhkan stamina yang sangat kuat.

“Kalau kita sudah loyo di awal-awal, maka kita kemungkinan akan kesulitan pada saat wukuf nantinya. Iklim di sana sangat beda dengan kita di sini. Sebisanya jagalah kondisi tubuh agar selalu sehat,” tambahnya.

Sekiranya, semua hal tentang pelaksanaan dan tata cara ibadah rukun Islam kelima itu telah diberikan saat manasik haji. Olehnya itu, ia berharap seluruh JCH bisa melakukan dengan khusyuk dan patuh terhadap segala aturan yang telah ditetapkan. Selain itu, JCH memperbanyak doa dan bacaan yang mengagungkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka, Abdul Azis Baking menambahkan setelah pelaksanaan pelepasan oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei, selanjutnya JCH Kolaka yang tergabung dalam kloter 28 dan kloter 30 akan diberangkatkan pada 25 dan 27 Juli 2019.

Mereka diberangkatkan menuju ke Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Bandar Udara Sangia Nibandera, Tanggetada, Kolaka, Sultra dengan dua jenis pesawat yakni Lion Air dan Trans Nusa. Pemberangkatan JCH ini dibagi dalam delapan kali penerbangan (flight).

Setelah diterima oleh Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, kloter 28 selanjutnya diberangkatkan ke Jeddah pada 26 Juli 2019. Sementara, kloter 30 diterbangkan menuju Jeddah, Arab Saudi pada 28 Juli 2019.

Sedangkan, rencana jadwal pemulangan pada 8 September 2019 untuk kloter 28 dan kloter 30 pada 9 September 2019 yang bakal diterima langsung oleh Bupati Kolaka di Bandar Udara Sangia Nibandera, Tanggetada, Kolaka, Sultra.

“JCH jangan malu dan takut untuk bertanya dan berkoordinasi dengan ketua regu dan ketua rombongannya. Agar bisa mencegah terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (a)

Sumber : ZONASULTRA.COM, KOLAKA   Tgl. 23 Juli 2019

© Lepas JCH Kolaka, Safei Ingatkan Jemaah Agar Fokus Beribadah | ZonaSultra.com
Sumber: https://zonasultra.com/lepas-jch-kolaka-safei-ingatkan-jemaah-agar-fokus-beribadah.html

 

 

Tinggalkan Balasan