USN Kolaka Siap Terima 2.574 Maba Lewat Jalur SBMPTN

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka penerimaan calon mahasiswa baru (Maba) lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), mulai 10 Juni hingga 24 Juni 2019. Di jalur SBMPTN 2019 ini, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka siap menerima 2.574 Maba.

Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Dr Ruslin Hadanu M.Si mengungkapkan SBMPTN merupakan tahap seleksi lanjutan setelah seleksi SNMBTN dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan LTMPT sebagai lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi yang sudah berstandar di Indonesia. “Di USN Kolaka sendiri akan menerima mahasiswa melalui jalur SBMPTN sebanyak 2.574 mahasiswa dari kouta keseluruhan pada tahun 2019 ini sebanyak 3.791 mahasiswa. Selanjutnya, apabila mahasiswa yang tidak lolos dalam seleksi SBMPTN maka secara otomatis akan mengikuti seleksi jalur mandiri,” kata Prof Ruslin, Selasa (11/6).

Ia menambahkan, peserta seleksi SBMPTN tidak akan di tes lagi, terpenting sudah pernah mengikuti SNMPTN atau UTBK. Data itu yang kemudian digunakan kembali untuk penilaian. “Keunggulan dalam metode SBMPTN ini, mahasiswa lebih dapat menentukan minat dan bakat, berdasarkan nilai ujian SNMPTN yang lalu, jadi yang kuliah memang memiliki kemampuan di bidang itu. Cara daftarnya juga sangat mudah tidak usah ke kampus lagi, cukup daftar online saja, dengan cara memasukkan nomor peserta yang digunakan di ujian lalu,” ujarnya.

“Saya harapkan kepada calon pendaftar yang ada di Kolaka dan luar Kolaka terutama di daerah kepulauan Sultra saatnya mendaftar melalui jalur SBMPTN, karena apabila tidak mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN tidak akan bisa menerima bidikmisi, jangan sampai nanti dipertanyakan. Dan perlu diketahui untuk jalur mandiri UKT hanya bisa UKT III. UKT I dan UKT II hanya bisa melalui dua jalur seleksi tadi,” ujarnya menambahkan. (kal)

Sumber : KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka     Tgl. 12 Juni 2019

Tinggalkan Balasan