Antisipasi Lonjakan, Dishub Sultra Tambah Armada Feri

Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menambah armada di sejumlah dermaga Penyebrrangan Feri untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019.

 

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina, di Kendari, Kamis, mengatakan seluruh armada Feri telah terkoneksi di seluruh pelabuhan penyeberangan di Sultra, seperti Penyeberangan Amolengo-Labuan, Pelabuhan Torobulu-Tampo, serta Pelabuhan Feri Kolaka-Bajoe.

 

“Kita akan menambah kalau ada laporan kekurangan armada feri di tiap pelabuhan itu, dengan berkoordinasi pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan untuk menambahkan,” katanya.

 

Hado menjelaskan, penambahan armada sendiri tidka hanya bisa dilakukan melalui ASDP, tetapi penambahan kapal pun juga bisa melalui jasa perusahaan kapal swasta.

 

“Kalau swasta mau menambah bisa saja, tapi harus melalui izin gubernur juga,” katanya.

 

Dikatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya bahwa 3 rute penyeberangan itu adalah yang paling padat penumpang yang melaluinya sehingga akan menjadi perhatian Dishub Sultra.

 

Iya yakin penyeberangan di 3 lokasi disebut tidak akan mengalami lonjakan signifikan karena sangat panjang waktu yang bisa digunakan untuk masyarakat yang akan pulang kampung.

 

“Karena waktu libur untuk Lebaran tahun ini kelihatannya agak panjang sebab didahului beberapa kegiatan yang saat itu tanggal merah di hari sebelumnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan