Pelaksanaan Diksar CPNS Tunggu Pembahasan APBD-P 2019

Sebanyak 147 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru menerima SK 80 persen di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara akan mengikuti Diklat Dasar (Diksar). Rencananya, Diksar akan dilaksanakan usai pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolaka, Mujahidin mengatakan saat ini anggaran di pemerintah
daerah Kabupaten Kolaka belum tersedia. Sehingga anggaran Diksar baru akan dimasukan dalam APBD-P 2019. Diperkirakan jika pembahasan APBD-P dilakukan Agustus, maka CPNS sudah bisa mengikuti Diksar pada September atau Oktober 2019. “Tahun ini Insya Allah selesai, tidak menyeberang tahun depan. Paling lambat Januari 2020, tidak akan sampai 1 Maret 2020 sesuai undang-undang. CPNS Kabupaten Kolaka sudah menjadi PNS,” jelasnya ditemui di kantornya, Senin (22/4). Mujahidin menambahkan, dalam pelaksanaan Diksar para CPNS  tidak dibebankan biaya seperpun. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) bahwa biaya Diksar CPNS sepenuhnya menjadi tanggungan APBD atau APBN.

“Diklat-diklat itu memang tidak bisa dibebankan kepada CPNS. Mulai dari Latsar sampai Diklatpim satu, itu tanggungan APBD sepenuhnya,” tegasnya.

Makanya, pihaknya mengikuti aturan tersebut agar tidak ingin membebani para CPNS. Dia pun sudah melaporkan perihal ini kepada bupati Kolaka, Bappeda, dan Sekda, serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). “Dan telah disepakati, anggaran tersebut bakal masuk dalam perubahan anggaran,” tuturnya.

Dikatakannya pula, biaya yang dibutuhkan untuk Diksar CPNS 2019 ditaksir di atas Rp1,2 miliar. “Anggaran tersebut untuk membiayai sebanyak 147 CPNS termasuk K2 di dalamnya. Biaya Latsar memang tidak dianggarkan dalam APBD 2019 kemarin. Ini memang tidak hanya terjadi di Kabupaten Kolaka, ada pula beberapa kabupaten lainnya yang juga tidak mengganggarkan pada APBD induk,” tandasnya. (kal)

Sumber : KOLAKAPOS, Kolaka

Tinggalkan Balasan