Golkar dan PDIP Bersaing Rebut Kursi Pimpinan di DPRD Kolaka

Partai Golkar dan PDIP disebut-sebut sebagai partai yang berpeluang mendudukkan wakilnya di unsur pimpinan di DPRD Kolaka setelah Partai Gerindra dan PAN. Hal itu diungkapkan oleh Ketua DOC Partai Hanura Kolaka, Hasbi Mustafa. “Kalau dari hasil sementara yang saya dapatkan di lapangan, hitungan-hitungan nya itu Gerindra, lalu PAN kemudian menyusul PDI-P atau Golkar berpeluang di unsur pimpinan, ” terang Hasbi Mustafa (24/4).

Lanjutnya untuk kepastiannya semuanya menunggu hasil PSU di 3 TPS di Kolaka. “Kan masih ada PSU nanti di 3 TPS yang akan memilih legislatif DPRD, disini bisa saja berubah perolehan suara dan kursi,” terangnya.
Dia memprediksikan calon terpilih Gerindra akan menjadi Ketua DPRD Kolaka jika berhasil menduduki dua calonnya di dapil Kolaka 1.

“Kalau hasil di PSU nanti Gerindra bisa menambah suara, dia bisa dapat dua kursi itu otomatis calon Gerindra yang jadi ketua DPRD, tetapi kalau tidak bisa maka akan hitung hitungan suara terbanyak dengan PAN, karena sama sama memiliki 4 calon terpilih, sementara Golkar juga harus hitung hitungan dengan PDIP karena sama sama memilki 4 kursi, jadi tergantung PSU,” ujarnya.

Dari prediksinya calon-calon yang akan diutus oleh partai partai tersebut untuk menjadi unsur pimpinan adalah kader terbaik dari partai tersebut. “Kalau di Gerindra sepertinya pak Syaifullah Khalik, karena dia yang dipastikan meraih suara terbanyak apalagi juga sebagai Pengurus dan Kader Partai, Kalau di PAN sepertinya Pak Muh. Ajib Madjid dia juga sekretaris PAN Kolaka, kalau PDIP bisa jadi Syarifuddin Baso Rantegau yang di utus, sementara kalau Golkar yang raih suara terbanyak dari PDIP kemungkinan Umar Tebu karena dia Ketua Partai, tapi masih menunggu PSU dulu karena saya dengar suaranya bersaing ketat dengan salah satu calon Golkar di Dapil 2, kalau Umar Tebu tidak duduk maka mungkin akan di utus Hj. Fairin, ” jelas Hasbi.

Namun meski demikian ,Hasbi tidak menampik jika prediksi nya tersebut bisa saja berubah. Kita tunggu hasil pleno penetapan saja itu hanya prediksi saya,” ungkapnya. Bahkan dirinya juga yakin jika bisa duduk kembali di DPRD Kolaka.

Sementara itu legislator PDIP, H. Syarifuddin Baso Rantegau yang juga disebut-sebut kembali meraih kursi di DPRD Kolaka dalam Pemilu ini juga optimis jika PDIP meraih kursi unsur pimpinan. “Kalau hitungan saya PDIP sepertinya masih besar suaranya dibanding Golkar, memang sama sama meraih 4 kursi tapi suara kita lebih besar,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Partai Golkar Kolaka , Umar Tebu juga optimis partainya bisa meraih unsur pimpinan. “Kita semua dapil berisi, di Dapil 1 ada Hj. Fairin, di Dapil 2 Saya yang tinggi, di dapil 3 ada H. Mustafa, kemudian di dapil 4 yang tertinggi itu informasi nya Mukhtaram, tapi kita tunggu saja PSU dan Pleno saya juga masih keliling keliling mengumpulkan informasi,” terang Umar Tebu. (Mir/hen)

Sumber : KOLAKAPOS, Kolaka

Tinggalkan Balasan