USN Kolaka Mulai Gelar UTBK untuk Calon Mahasiswa

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr Azhari meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Sabtu (13/4), yang dilaksanakan di dua laboratorium komputer milik USN Kolaka.

Saat memantau jalannya pelaksanaan UTBK, Azhari didampingi Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan, Prof Rislin Hadanu, dan panitia lokal UTBK lainnya.

Kepada calon mahasiswa yang mengikuti UTBK, Azhari berkali-kali meminta agar mengikuti tahapan tes sebaik-baiknya, dan berkonsentrasi penuh pada tiap soal yang diujikan.

Sementara itu, Wakil Rektor I USN Prof Ruslin Hadanu mengungkapkan, jumlah pendaftar UTBK untuk kabupaten Kolaka kali ini mencapai 1088 orang. Seluruh peserta itu akan mengikuti jadwal pelaksanaan ujian setiap Sabtu dan Minggu hingga maksimal 9 hari ke depan secara bergelombang.

Dijelaskan Ruslin Hadanu, peserta nantinya akan mengikuti dua materi ujian. Dua materi itu yakni Tes Kompetensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS) dengan kelompok uji Saintek dan Soshum/Humaniora.

“Khusus hari pertama ini (Sabtu) jumlah peserta ujian 60 orang pagi, 60 orang siang, setiap peserta dapat mengikuti tes maksimal 2 kali,” jelasnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini tahapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sedikit berubah, dimana calon peserta terlebih dahulu mengikuti UTBK.

Perbedaan yang mendasar lainnya, kali ini peserta ujian bisa mengetahui langsung nilai tes mereka, dimana nantinya nilai UTBK tersebut akan digunakan untuk mendaftar pada PTN yang diminati.

Untuk diketahui, seleksi masuk PTN terbagi tiga pola yakni SNMPTN dengan daya tampung minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan seleksi mandiri maksimal 30 persen dari kuota daya tampung setiap Prodi. (m6)

Sumber : BUTONPOS.COM, KOLAKA

Tinggalkan Balasan