USN Mulai Terapkan Sistem PIN

Universitas Sembilanbelas November (UNS) Kolaka mulai menerapkan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN) untuk lulusannya. Penerapan PIN ini efektif diberlakukan pada wisuda ke-7 USN tahun ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Dr. Ruslin Hadanu, M.Si, mengatakan, penerapan PIN sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Nomor 59 Tahun 2018. Dengan sistem PIN maka seluruh ijazah yang dikeluarkan oleh USN Kolaka sudah memiliki nomor seri yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti.

Pemberlakuan sistem PIN ini juga akan memudahkan penelusuran ijazah, serta mengatisipasi adanya pemalsuan ijazah. Selain itu, lulusan tidak perlu melakukan legalisasi lagi karena nomor ijazah sudah terdaftar secara online di Kemenristekdikti. “Alhamdulillah penomoran ijazah  sudah kita diproses. Jadi dengan sistem ini tidak ada lagi ijazah bodong (palsu), karena semua proses nilai-nilai ijazah mahasiswa sudah terakumulasi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT), Forlap Dikti dan teintegrasi dengan PIN,” kata Prof Ruslin Hadanu, belum lama ini.

Ia menambahkan, penerapan PIN ini mulai diberlakukan pada ijazah lulusan USN wisuda ke-7 tahun ini, yang rencananya akan digelar pada 2 April mendatang. (kal/hen)

Sumber : KOLAKAPOS, Kolaka

Tinggalkan Balasan