Dinkes Laksanakan Sosialisasi GeMa CerMat

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) merupakan upaya bersama pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat secara benar.

Pemukulan gong oleh Bupati Kolaka H.Ahmad Safei yang diwakili Asisten III Pemda Kolaka Zulkarnain di dampingi perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, perwakilan Kementerian Kesehatan RI Erie Gusnellyanti, dan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Massiri menandai dimulainya keguatan sosialisasi.

Kepada awak media Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Massiri mengatakan pelatihan GeMa CerMat diharapkan bisa menunjang kinerja tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat, utamanya menggunakan obat yang benar.

“Kalau data Kementerian Kesehatan, lebih 60 persen masyarakat Indonesia cenderung mengkonsumsi obat tanpa petunjuk tenaga kesehatan. Itu sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat itu sendiri,” ujar Harun.

Lanjut ia mengatakan pelatihan GeMa CerMat yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kolaka diikuti puluhan apoteker, kepala puskesmas, dan organisasi profesi kesehatan se-Kabupaten Kolaka.

“Dengan pelatihan ini diharapkan peserta bisa memberikan informasi menganai penggunan obat yang baik dan benar. Intinya penggunaan obat itu harus dengan resep dari perugas kesehatan,” tambah Harun.

Sumber :  Kolakaonline

Tinggalkan Balasan