Dinkes Kolaka Komitmen Wujudkan Kabupaten Kolaka Sehat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka, siap untuk berkomitmen mewujudkan kabupaten sehat. Hal tersebut diungkapkan kepala dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri kepada kolakaonline.com.

Menurut Harun untuk mewujudkan kabupaten Kolaka yang sehat yang paling penting adalah harus mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Untuk mewujudkan kabupaten Kolaka yang sehat, semua elemen harus mendukung terutama masyarakat kabupaten kolaka untuk melakukan gerakan keluarga dan lingkungan yang sehat,” ujar Harun.

Kabupaten sehat adalah suatu kondisi Kabupaten yang bersih nyaman, aman dan sehat yang dicapai melaui penerapan dari beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregasi oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Program penyelengaraan Kabupaten sehat adalah program dalam mewujudkan kondisi Kabupaten yang bersih aman dan nyaman serta sehat dan dapat dicapai melalui proses penyelenggaraan yang dilakukan diberbagai kegiatan, untuk memenui masyarakat sehat dapat dengan pemberdayaan di forum-forum yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Masih kata Harun yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah memberikan perhatian kepada ibu dan anak dengan keluarga mengikuti program KB, melakukan persalinan di Fasilitas Kesehatan, bayi mendapat imunisasi standar, bayi mendapat ASI eksklusif dan balita mendapat pemantauan pertumbuhan.

“Masyarakat juga harus bisa mengenali dan mengendalikan penyakit menular dan tidak menular agar melakukan pengobatan secara teratur. Yang paling penting adalah anggota keluarga tidak merokok serta keluarga harus menjadi anggota JKN. Untuk setiap keluarga di Kolaka juha harus memiliki sarana air bersih, serta mempunyai akses jamban keluarga,” ujar Harun.

 

Sumber : Kolakaonline

Tinggalkan Balasan