Cegah DBD, Warga Diminta Lakukan 3MDINKES KOLAKA LAKUKAN FOGGING DI BAULA

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka kembali melakukan fogging di wilayah temuan kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Kemarin (24/1), kegiatan pengasapan itu dilakukan dipemukiman warga Desa Baula, Kecamatan Baula. Fogging dilakukan untuk dalam membasmi atau membunuh nyamuk penyebar virus DBD.

Kepala Dinas Kesehatan, Harun Massiri melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Muhammad Hidayat, mengatakan bulan ini tercatat sudah ada delapan titik yang tersebar di delapan kecamatan di Kolaka positif terserang DBD. Guna mengantisipasi semakin maraknya virus mematikan itu, makanya Dinkes melakukan fogging di setiap rumah warga, agar meminimalisir wabah penyakit tersebut.

Selain melakukan fogging, Dinkes juga melakukan pemberian abatesasi di setiap saluran air agar jentik nyamuk bisa mati. Karena jika tidak dilakukan abatesasi maka potensi timbulnya nyamuk DBD akan ada, sebab fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. “Fogging dilakukan diradius 200 meter dari rumah penderita,” jelasnya.

Saat ini status wabah DBD yang menyerang kabupaten Kolaka masih berstatus waspada. Namun akan tetapi Dinkes Kolaka akan terus memantau setiap wilayah yang berpotensi terserang DBD. “Intinya kami selalu siap untuk melakukan pembasmian melalui Fogging dan pemberian abatesasi. Hal ini kita lakukan agar virus DBD tidak meluas dan itu yang kita harapkan, sebab virus DBD ini cukup mematikan jika tidak cepat ditangani. Dan masyarakat segera memeriksakan kesehatannya jika mulai terserang demam,” tutupnya. (k9/b)

Tinggalkan Balasan